HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 54.82.119.116
Pengunjung : 828.605


Newsflash :
PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG

Artikel :



DINAMIKA KELOMPOK: BELIEVE YOU


Kamis; 01 March 2018 [Humas SMA Santo Carolus, SMA ST. CAROLUS SURABAYA] - Artikel Umum

LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Nama Dinamika Kelompok: Believe You

Latihan yang menyenangkan ini digunakan untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam memberi kepercayaan pada kemampuan yang dimiliki orang lain.

 Prosedur :

  1. Guru BK menyiapkan kertas sejumlah anggota kelompok yang disesuaikan dengan kelompok yang ada.
  2. Seluruh siswa dikelas membuat satu lingkaran besar, sambil menanyakan siswa yang pernah patah tulang pada lengan/pangkal lengan/sendi (jika ada dijadikan pengamat permainan)
  3. Secara bergantian guru BK meminta masing-masing siswa untuk mengambil nomer kertas yang telah siapkan.
  4. Setelah lingkaran besar terbentuk diminta saling bergandengan tangan dengan menggunakan siku lengan.
  5. Putaran pertama, Guru BK menyebutkan 1 nama kelompok maka kelompok tersebut mengangkat kedua kaki dengan mengandalkan kekuatan siku tangan yang saling bergandengan dalam lingkaran besar.
  6. Siswa dalam kelompok pasti mengalami kesulitan maka Guru BK meminta satu anak untuk mengatur agar kelompok yang disebutkan namanya dan harus mengangkat kedua kaki bisa dilakukan.
  7. Putaran kedua, Guru BK menyebutkan 1 nama kelompok lagi yang berbeda maka kelompok tersebut mengangkat kedua kaki dengan mengandalkan kekuatan siku tangan yang saling bergandengan dalam lingkaran besar.
  8. Jika masih belum terjadi, guru BK meminta bantuan 2 orang siswa lagi untuk mengatur.
  9. Pada putaran ketiga, Guru BK menyebutkan 1 nama kelompok lagi yang berbeda maka kelompok tersebut mengangkat kedua kaki dengan mengandalkan kekuatan siku tangan yang saling bergandengan dalam lingkaran besar.
  10. Dinamika dihentikan untuk refleksi.

Bahan diskusi :

  1. Apa perbedaan antara putaran 1, 2, 3 dalam dinamika kelompok tadi?
  2. Bagaimana perasaan anda dalam dinamika kelompok tadi ?
  3. Apa refleksi anda mengikuti permainan tadi?

 Refleksi

  1. Permainan/dinamika kelompok tadi memang terasa sakit dibagian siku atau lengan tetapi tidak akan membuat kita cidera. Artinya dalam kehidupan kita juga ada banyak tantangan namun untuk mengembangkan kita bukan untuk menciderai.
  2. Kekuatan permainan sebenarnya berada dilengan seluruh siswa bukan hanya pada kelompok yang disebutkan saja. Dan kekuatan yang lain adalah kepercayaan pada orang lain bahwa saya yakin akan kemmpuan orang lain untuk mengangkat saya.






Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :