HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.207.108.191
Pengunjung : 1.004.423


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



DINAMIKA KELOMPOK: BELIEVE YOU


Kamis; 01 March 2018 [Humas SMA Santo Carolus, SMA ST. CAROLUS SURABAYA] - Artikel Umum

LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Nama Dinamika Kelompok: Believe You

Latihan yang menyenangkan ini digunakan untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam memberi kepercayaan pada kemampuan yang dimiliki orang lain.

 Prosedur :

  1. Guru BK menyiapkan kertas sejumlah anggota kelompok yang disesuaikan dengan kelompok yang ada.
  2. Seluruh siswa dikelas membuat satu lingkaran besar, sambil menanyakan siswa yang pernah patah tulang pada lengan/pangkal lengan/sendi (jika ada dijadikan pengamat permainan)
  3. Secara bergantian guru BK meminta masing-masing siswa untuk mengambil nomer kertas yang telah siapkan.
  4. Setelah lingkaran besar terbentuk diminta saling bergandengan tangan dengan menggunakan siku lengan.
  5. Putaran pertama, Guru BK menyebutkan 1 nama kelompok maka kelompok tersebut mengangkat kedua kaki dengan mengandalkan kekuatan siku tangan yang saling bergandengan dalam lingkaran besar.
  6. Siswa dalam kelompok pasti mengalami kesulitan maka Guru BK meminta satu anak untuk mengatur agar kelompok yang disebutkan namanya dan harus mengangkat kedua kaki bisa dilakukan.
  7. Putaran kedua, Guru BK menyebutkan 1 nama kelompok lagi yang berbeda maka kelompok tersebut mengangkat kedua kaki dengan mengandalkan kekuatan siku tangan yang saling bergandengan dalam lingkaran besar.
  8. Jika masih belum terjadi, guru BK meminta bantuan 2 orang siswa lagi untuk mengatur.
  9. Pada putaran ketiga, Guru BK menyebutkan 1 nama kelompok lagi yang berbeda maka kelompok tersebut mengangkat kedua kaki dengan mengandalkan kekuatan siku tangan yang saling bergandengan dalam lingkaran besar.
  10. Dinamika dihentikan untuk refleksi.

Bahan diskusi :

  1. Apa perbedaan antara putaran 1, 2, 3 dalam dinamika kelompok tadi?
  2. Bagaimana perasaan anda dalam dinamika kelompok tadi ?
  3. Apa refleksi anda mengikuti permainan tadi?

 Refleksi

  1. Permainan/dinamika kelompok tadi memang terasa sakit dibagian siku atau lengan tetapi tidak akan membuat kita cidera. Artinya dalam kehidupan kita juga ada banyak tantangan namun untuk mengembangkan kita bukan untuk menciderai.
  2. Kekuatan permainan sebenarnya berada dilengan seluruh siswa bukan hanya pada kelompok yang disebutkan saja. Dan kekuatan yang lain adalah kepercayaan pada orang lain bahwa saya yakin akan kemmpuan orang lain untuk mengangkat saya.






Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :