HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.207.108.191
Pengunjung : 1.004.433


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



HARI RAYA NYEPI MEREFLEKSI DIRI


Kamis; 01 March 2018 [Humas SMA Santo Carolus, SMA ST. CAROLUS SURABAYA] - Artikel Umum

SELAMAT HARI RAYA NYEPI
Tahun Baru Saka 1940
 
“ Temukan Tuhan dalam diam karena IA adalah teman dari kesunyian. Lihatlah bagaimana bunga dan pohon tumbuh dalam diam, matahari dan bulan bergerak dalam kesunyian… kita harus belajar diam dan tenang untuk dapat menemukanNya di kedalaman hati kita” (BUNDA TERESA)
 
Surabaya – Nilai kebhinekaan menyatukan keragaman agama antar seluruh keluarga besar SMA Santo Carolus Surabaya. Sikap saling menghormati, menghargai dan menjaga tradisi setiap agama menjadi cerminan kekuatan semangat kebangsaan yang juga diteladankan Bunda Elisabeth Gruyters sebagai Bunda Pendiri Kongregasi CB yang menjiwai Yayasan Tarakanita.
Menurut Sanbudinatha, (sanbudinatha.wordpress.com)
Perayaan Nyepi merupakan warisan yang mengandung nilai-nilai luhur, tercermin dari Catur Brata penyepian yang senantiasa menjadi pedoman/penuntun bagi umat Hindu dalam melaksanakan prosesi Nyepi. Catur brata penyepian meliputi 4 hal, yaitu 1) Tidak menyalakan api, 2) Tidak melakukan karya, 3) Tidak ke luar rumah, 4) Tidak bersenang-senang/berfoya-foya. Pada saat Nyepi, keadaan menjadi sepi, sunyi, hening. Dalam hal semantic, hal ini memiliki kesesuaian dengan Nyepi itu sendiri yang berarti sepi. Nyepi berarti sepi, sunyi, hening, menyepi, membuat jadi sepi, hening. Lalu apakah yang dibuat menjadi sepi atau hening tersebut? Pada saat Nyepi, makrokosmos (alam) dan mikrokosmos (person) dibuat menjadi sepi. Di sini terlihat adanya kesinambungan antara alam dan diri kita masing-masing. Dengan keheningan tersebut kita sebagai pribadi terbantu untuk melakukan introspeksi (pensucian diri). Begitupun dengan alam yang akan terbantu dengan adanya kesempatan untuk melakukan pemulihan atas segala beban yang harus disangga selama setahun penuh akibat aktivitas manusia. Ini adalah bentuk nyata kepedulian umat Hindu terhadap lingkungan. Jika sekarang dunia sedang konsen untuk mengatasi permasalahan lingkungan, maka sejak dulu leluhur kita telah menerapkan nilai-nilai penting dalam pelestarian lingkungan. “We must proud of that” .
Nilai hidup yang bisa kita ambil dalam kehidupan sehari-hari adalah memurnikan diri dalam sepi, sebab saat hening sepi tanpa kegaduhan kita menemukan suara yang mengiang-ngiang yaitu suara hati yang berasal dari Allah sendiri. Sebagai siswa, sebagai guru, sebagai karyawan, sebagai orang tua, sebagai anak, sebagai sahabat, mari kita membiarkan diri kita untuk mengalami pengendapan sejenak dalam sepi untuk menjadi pribadi baru, pribadi yang bermutu.(MIU)






Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :