HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.207.108.191
Pengunjung : 1.004.432


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



TRANSFORMASI PENDIDIKAN, METAMORFOSIS KARAKTER ANAK BANGSA


Kamis; 03 May 2018 [Humas SMA Santo Carolus, SMA ST. CAROLUS SURABAYA] - Artikel Umum

Jemur Andayani, Surabaya - Melangkah dengan pasti, melekat di hati, itulah slogan dari SMA Santo Carolus Surabaya yang telah menjalani metamorfosis selama 25 tahun. Melewati lika-liku dunia pendidikan serta mengubah karakter anak bangsa menjadi lebih baik. Beradaptasi dan menyesuaikan diri terhadap perubahan - perubahan yang terjadi pada zaman sekarang. Dan melindungi nilai-nilai dan budaya yang telah tertanam sejak dulu.

Payung dari SMA Santo Carolus Surabaya adalah Yayasan Tarakanita yang berpusat di Jakarta sudah sejak lama eksis dalam dunia pendidikan. Surabaya merupakan bagian dari wilayah timur pergerakan Tarakanita Indonesia. Kepala kantor Yayasan Tarakanita wilayah Surabaya adalah Sr.Thereseta Emi Suwastini, CB dan kepala SMA Santo Carolus Drs.Ignatius Oky Soerjanto, para struktural ini terus mengupayakan pendidikan edukasi generasi cerdas, berintegritas sesuai dengan tagline Tarakanita Indonesia. Pewarisan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia terlihat jelas dalam setiap langkah pendidikan Tarakanita, khususnya SMA Santo Carolus yang telah 25 tahun berkiprah melaksanakan pendidikan berkarakter dan berintegritas. Pewarisan nilai budaya ini seiring dengan tema Hari Pendidikan Nasional 2018 “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Lahirnya setiap generasi menjadikan transformasi pendidikan semakin bersinar dan semakin hari semakin mendewasakan,menyempurnakan.

Melanjutkan nilai-nilai luhur budaya bangsa dari satu generasi ke generasi berikutnya yang akan memperkaya kebudayaan suatu masyarakat/bangsa. Dengan istilah lain pewarisan budaya yang disertai perubahan budaya disebut juga transformasi budaya.

Rangkaian peringatan 25 tahun SMA Santo Carolus digelar selama satu tahun pelajaran 2017/2018 berupa rekam jejak kegiatan sekolah, Carolus Rally Game Competition (CRGC), kampanye pantang plastik dan styrofoam, donor darah, bakti sosial bersih telinga gratis, open house hasil karya peserta didik, pelatihan public speaking dan pembuatan proposal bagi pengurus OSIS SMP, pengabdian masyarakat membuat sabun cuci piring cair pada Ibu PKK, Misa Syukur, reuni akbar dan pentas seni.   

Dalam usia nya yang relatif belia dibanding sekolah - sekolah tarakanita lainnya yaitu 25 tahun, SMA Santo Carolus masih memiliki banyak peluang untuk berprestasi dan menjadi pioneer dalam membuat sekolah yang berkarakter. SMA Santo Carolus juga mempelopori kegiatan-kegiatan yang dapat mempersiapkan peserta didik serta mengubah karakter peserta didik menjadi lebih baik. Melalui kegiatan seperti career day, expo pendidikan, serta Live in yang merupakan program unggulan SMA Santo Carolus.

Dalam metamorfosis karakter anak bangsa, diperlukan adanya nilai-nilai karakter yang harus ditanamkan sejak dini. Di SMA Santo Carolus diberlakukan penanaman nilai-nilai karakter tarakanita yaitu Compassion,Creativity,Conviction,Celebration,Competence, dan Community (CC5+).

Di samping itu, kami juga menerapkan pendidikan karakter tarakanita yang dapat memetamorfosis karakter peserta didik secara lebih mendalam. Dibuktikan dengan adanya galon kejujuran, yang siswa atau siswi membayar seribu rupiah secara jujur bila mereka ingin mengisi botol minum mereka. Selain itu, setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah SMA Santo Carolus, harus mengandung nilai-nilai CC5+ misalkan seperti kegiatan kartini yang mengandung nilai CC5+ yaitu creativity dan celebration.

Harapan kami agar generasi didik selanjutnya bisa menjadi pribadi yang lebih berkarakter serta mencerminkan nilai-nilai ketarakanitaan yaitu CC5+ (Compassion, Creativity, Conviction, Celebration, Competence, dan Community). Di usia 25 tahun ini diharapkan peserta didik dapat lebih menerapkan konsep CC5+ baik dalam kehidupan bersekolah maupun bermasyarakat. Selain CC5+, sesuai dengan tema hari pendidikan nasional tahun 2018 yaitu “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, SMA St.Carolus juga berusaha untuk mewujudkan misi tersebut.

Upaya-upaya untuk mewujudkan tema hardiknas tersebut yang dilakukan SMA St.Carolus seperti kegiatan karawitan dan sendra tari yang diharapkan dapat meningatkan minat seni siswa-siswa SMA St.Carolus. Selain itu SMA St. Carolus juga ikut berpartisipasi dalam menjalankan kegiatan literasi yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca Siswa-siswi SMA St.Carolus. Diharapkan kegiatan-kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik dan dapat mendukung program pemerintah yang terkandung dalam tema hardiknas tahun ini, “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. (Evelyn, Ino,Jerico, Jollene, Nessa, Nicho, Reizka)





Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :